Sabtu, 20 Oktober 2012

5 Gitaris Terbaik Sepanjang Masa





Jakarta - Kesuksesan sebuah band tak lepas dari peran para personelnya, termasuk seorang gitaris. Dengan petikan gitar, musik yang dilantunkan sebuah band akan semakin berwarna dengan irama-irama yang dihasilkan. 

Baru-baru ini majalah Guitar World merilis '100 Gitaris Terbesar Sepanjang Masa'. Pemilihan dilakukan langsung oleh pembaca majalah tersebut. Berikut 5 besar dari daftar tersebut:
1. Eddie Van Halen


Eddie Van Halen merupakan gitaris band hard rock, Van Halen. Pria 57 tahun itu dikenal sebagai salah satu pemain gitar yang memiliki banyak inovasi dalam permainannya.

Bersama band yang dibentuknya pada 1972, Eddie cs merilis album perdana mereka 'Van Halen' pada 1978. Van Halen dinilai sebagai band yang paling original dan memiliki album revolusioner untuk 'mengubah rock and roll'.


2. Brian May


Banyak yang bilang Brian memiliki kemampuan dan skill bermain gitar yang tidak dimiliki oleh gitaris-gitaris lain. Oleh karenanya ia menduduki posisi kedua untuk gitaris terbesar sepanjang masa.

Brian merupakan anggota band rock Queen. Lewat jasanya pada industri musik dan kegiatan amal, Brian sempat dianugerahi penghargaan Commander of the Order of the British Empire pada 2005.

3. Alex Lifeson


Pria bernama asli Alexandar Zivojinovich itu memiliki aliran gitaris yang hard rock sampai heavy metal. Itulah yang kemudian melecut dirinya untuk membuat band, Rush.

Tak hanya lihai memainkan gitar listrik, Alex juga bermain untuk senar instrumen seperti mandolin.


4. Jimi Hendrix



James Marshall "Jimi" Hendrix lahir dengan naman Johnny Allen Hendrix pada 27 November 1942. Jimi tak hanya apik memainkan gitarnya tapi gaya pakaiannya pun terkenal unik.

Ia adalah salah satu musisi yang paling berpengaruh di zamannya, dan mencapai ketenaran di Amerika Serikat usai tampil di Monterey Pop Festival setelah sukses The Jimi Hendrix Experience di Eropa.

Tapi kariernya harus berakhir cepat. Jimi Hendrix meninggal dunia di usianya yang baru menginjak 27 tahun.


5. Joe Satriani


Pria 56 tahun itu tak hanya seorang gitaris tapi juga seorang guru. Beberapa muridnya telah menjadi terkenal seperti Steve Vai dan gitaris band Metallica, Kirk Hammett.

Tapi Joe juga punya sumber inspirasi untuk permainan gitarnya seperti Jimi Hendrix, Eric Clapton, dan Jimmy Page.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar