Kamis, 29 Agustus 2013

Penemu HTML

 
Penemuan www atau world wide web sangat berdampak besar terhadap perkembangan internet. Dengan adanya www sebuah situs dapat berisi sekumpulan informasi berupa teks, gambar dan video. Orang yang berperan penting dibalik penemuan www adalah Tim Berners Lee.  Selain merupakan penemu dari www, Tim Berners Lee juga merupakan penemu dari HTML yakni sebuah bahasa mark up yang digunakan untuk membuat halaman web.



Tim Berners Lee lahir di inggris tepatnya di kota London, 8 Juni 1955. Kedua orang tuanya adalah seorang ahli matematika. Tim berners lee adalah seorang lulusan dari Queen’s College di Universitas Oxford pada tahun 1976. Ia menciptakan world wide web pada tahun 1991 dan saat ini menjadi direktur utama di world wide web consortium (W3C), sebuah lembaga yang mengatur perkembangan world wide web.
Sebelum menciptakan www, pada awalnya Tim Berners Lee hanya bertujuan untuk menciptakan suatu program untuk menyusun arsip arsip risetnya. Untuk itu dia membuat program yang diberi nama equier. Dengan program equire akhirnya Tim Berners Lee berhasil membuat suatu jaringan yang menghubungkan arsip-arsipnya satu sama lain. Inilah yang menjadi dasar penemuan www. Situs pertama yang dibuat oleh Tim Berners Lee adalah http://info.cern.ch/info.cern.ch. situs ini berisi mengenai informasi tentang hal-hal yang berhubungan dengan www. Kontribusi terbesar berners lee terhadap perkembangan internet adalah dengan tidak mempatenkan world wide web sehingga www dapat digunakan secara bebas.

sumber:
Bellis, Mary.2010.Tim Berners-Lee. (online) Available at :http://inventors.about.com/od/bstartinventors/p/TimBernersLee.htm [26 mei 2010]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar